- Back to Home »
- PRAK KECERDASAN BUATAN »
- LAPORAN PRAK AI MODUL2
Posted by : Unknown
Jumat, 12 Desember 2014
LAPORAN PRAKTIKUM
Praktikum Kecerdasan Buatan(AI)
MODUL2
NAMA : DEDE ISKANDAR
NIM : 3411121140
KELAS : SIE [B]
INFORMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI
2014
BAB I
HASIL PRAKTIKUM
Langkah
Kerja:
1.
Tambahkan code di bawah ini
pada kelas “SinglePerceptron”.
private doublelrn;
private doublethr;
private interr,acOutput,tarOutput;
private double[] w;
private inti,j,k,it;
private booleanOK;
2.
Tambahkan dua method dibawah
ini pada kelas “SinglePerceptron”.
public booleaninputCheck() {
if(lrn > 1) {
solution.append("Koefisien harus di
bawah 1 \n");
OK = false;
}
if(thr <= 0) {
solution.append("Bobot harus positif
\n");
OK = false;
}
return OK;
}
3.
Tambahkan kode berikut ini pada
saat user memilih item pada JComboBox.
funcName = (String)cb.getSelectedItem();
4.
Tambahkan kode berikut ini pada
saat user menekan tombol “START”.
startButton = new JButton("Link Start
!");
startButton.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent e){
// pertemuan 2 tambahan
try{
w = new double[3];
w[0] = 0.1;
w[1] = 0.2;
w[2] = 0.3;
lrn = Double.parseDouble(learning.getText());
thr = Double.parseDouble(threshold.getText());
OK = true;
solution.setText("");
if(inputCheck()) {
while(OK) {
it = 1;
solution.append("Iterasi" +
"\t" + "x1" + "\t"+ "x2" +
"\t"+ "output" +
"\t"+ "target" + "\t"+ "error" +
"\t" + "w1" + "\t"+
"w2" + "\t" + "w3
\n");
solution.append(" \n");
for(i=0;i<2;i++) {
for(j=0;j<2;j++) {
err = 1;
if(funcName == "AND") {
if(i==0
&& j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==0 && j==1) {tarOutput = 0;}
if(i==1 && j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==1 && j==1) {tarOutput = 1;}
}
if(funcName == "OR") {
if(i==0 && j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==0 && j==1) {tarOutput = 1;}
if(i==1 && j==0) {tarOutput = 1;}
if(i==1 && j==1) {tarOutput = 1;}
}
while(err != 0) {
if(i*w[0] + j*w[1] + w[2] >= thr){
acOutput = 1;
}
else{
acOutput = 0;
}
err = Math.abs(tarOutput -
acOutput);
if(err > 0) {
for(k=0;k<3;k++) {
if(tarOutput==0 && acOutput==1){
w[k] = w[k] - lrn*err;
}
if(tarOutput==1 && acOutput == 0){
w[k] = w[k] + lrn*err;
}
}
}
solution.append(it + "\t" + i +
"\t" + j + "\t" +
acOutput + "\t" + tarOutput + "\t" + err + "\t" +
fmt.format(w[0]) + "\t" +
fmt.format(w[1]) + "\t" +fmt.format(w[2]) +
"\n");
it++;
}
}
}
OK = false;
}
}
}
catch(NumberFormatException
numberformatexception) {
solution.append("Error");
}
// JOptionPane.showMessageDialog(null,"Sedang
Pelatihan..\n Menggunakan Operator " +funcList.getSelectedItem());
}
});
Hasil
Program
Menggunakan Fungsi AND.
Menggunakan Fungsi OR
Tugas:
- Perhitungan kesalahan yang digunakan
for(i=0;i<2;i++) {
for(j=0;j<2;j++) {
err = 1;
if(funcName == "AND") {
if(i==0 && j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==0 && j==1) {tarOutput = 0;}
if(i==1 && j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==1 && j==1) {tarOutput = 1;}
}
if(funcName == "OR") {
if(i==0 && j==0) {tarOutput = 0;}
if(i==0 && j==1) {tarOutput = 1;}
if(i==1 && j==0) {tarOutput = 1;}
if(i==1 && j==1) {tarOutput = 1;}
}
while(err != 0) {
if(i*w[0] + j*w[1] + w[2] >= thr){
acOutput = 1;
}
else{
acOutput = 0;
}
err = Math.abs(tarOutput -
acOutput);
if(err > 0) {
for(k=0;k<3;k++) {
if(tarOutput==0 && acOutput==1){
w[k] = w[k] - lrn*err;
}
if(tarOutput==1 && acOutput == 0){
w[k] = w[k] + lrn*err;
}
}
}
solution.append(it + "\t" + i +
"\t" + j + "\t" +
acOutput + "\t" + tarOutput + "\t" + err + "\t" +
fmt.format(w[0]) + "\t" +
fmt.format(w[1]) + "\t" +fmt.format(w[2]) +
"\n");
it++;
}
}
}
- Fungsi NumberFormatException
Berfungsi sebagai indikasi bahwa aplikasi telah berusaha untuk
mengkonversi String ke salah satu jenis numerik, tetapi bahwa string tidak
memiliki format yang sesuai.
BAB II
KESIMPULAN
Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan
pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih
manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik
dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya
sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang
kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan,
yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI
biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan
bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan
yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi
kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
NumberFormatException Berfungsi sebagai indikasi bahwa aplikasi telah berusaha untuk
mengkonversi String ke salah satu jenis numerik, tetapi bahwa string tidak
memiliki format yang sesuai.