Posted by : Unknown Sabtu, 23 November 2013

LAPORAN PRAKTIKUM
POD

Modul 3


NAMA : DEDE ISKANDAR
NIM : 3411121140
KELAS : C



Teknik Informatika
Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Jenderal Achmad Yani
2013_2014


BAB I
Program III-1
import java.util.Scanner;
 public class  Program111_1{
   public static void main(String  [] args){
    Scanner input=new Scanner(System.in);
     int number1;
     int number2;
     int sum;
          System.out.print("masukkan nilai integer pertama");
           number1=input.nextInt();
         System.out.print("masukkan nilai integer ke dua");
         number2=input.nextInt();
          sum=number1+number2;
           System.out.printf("hasi penjumlahan %d\n",sum);
}
}
Gambar program 111_1
Analisis
Program diatas menggunakan library kelas yang berbeda. Menggunakan keyword import. Keyword atau kelas yang digunakan adalah Scanner. Scanner disini berfungsi untuk meng-inputkan data yang akan dimasukkan.
Program111_2
import java.io.BufferedReader;
   import java.io.IOException; 
  import java.io.InputStreamReader;
 public class Program111_2{
   public static void  main(String []args){
        BufferedReader dataIn=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
       String name="";
     System.out.print("please enter your name:");
    try{
      name=dataIn.readLine();
     }catch(IOException e){
        System.out.println("EROR");}
System.out.println("Hello"+name+"1");
}
}
Gambar program 111_2
Analisa dari program di atas  pungsi dari try yaitu untuk melanjutkan  program  atau  mencoba lagi menjalankan program jika program ada kesalahan dan pungsi dari catche  yaitu untuk menghendel kesalahan dari program ,jadi jika program terdapat ellor dan program itu dapat di ekeskusi ,namun hasilnya tidak di keluarkan karena adanya kesalahan .
Program 111_3
import java.awt.*;
public class Grafik extends Panel{
     public Grafik(){
          setBackground(Color.black);
     }
     public void paint(Graphics g){
          g.setColor(new Color(0,255,0)); //green
          g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,30));
          g.drawString("HELLO GUI WORD!",30,100);
          g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red
          g.fillRect(30,100,150,10);
     }

     public static void main(String args[])
     {
          Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel");
          Grafik gp = new Grafik();
          f.add(gp);
          f.setSize(600,300);
          f.setVisible(true);
     }
}

Gambar program 111_3
Analisa program di atas ,dari pengetahuan saya di bagian public void main (graphic  g)
 Di situ terdapat beberapa pungsi  yang pertama  untuk pungsi  pegaturan warna  pada texs,besarnya teks dan garis bawah berwarna merah  hanya itu dari sepengetahuan nya.
Program 111_4
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKb
{
     public static void main(String[] args)
     {
          String name = "";
          name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
          String msg = "Hello"+name+"!";
          JOptionPane.showMessageDialog(null,msg);
     }
}
Gambar program 111_4
 Analisa program  dapat di simpulkan pungsi dari program di atas  menampilkan form satu inputan dari keybooard  si pengguna ,dan hasil dari output nya  menggunakan pungsi Joption pungsinya dari sepengetahuan  saya untuk menampilkan inputan dari pesan lain atau keluaranya tidak dari satu cmd  melainkan  menampilkan mesege baru.
 Prorgam 111_5
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Getinputformkeyboard2{
     public static void main(String[] args){
     BufferedReader dataln = new BufferedReader(new    InputStreamReader(System.in));
          String name = "",hoby = "";
          name = JOptionPane.showInputDialog("Your Name : ");
          hoby = JOptionPane.showInputDialog("Your Hobbby : ");
          String msg = "So Your hobby is "+hoby+".nice hoby mrs."+name;
          JOptionPane.showMessageDialog(null,msg);
          System.out.println("So Your hobby is "+hoby+".nice hoby mrs."+name);
     }
}
Gambar program 111_5
Anaslisa program, hampir sama dengan program 111_4 dari pungsinya dari dari tampilan outputnya namun di sini  terdapat dua inputan yang perptama inputan untuk nama dan hoby
Dan untuk pungsinya masih menggunakan Joptionpane
Program 111_6
public class RelasiDemo{
         public static void main(String [] args){
             //some number
       int  i =37;
       int j =42;
       int k=42;
             System.out.println("variabel...");
             System.out.println(" i="+i);
             System.out.println("j="+j);
            System.out.println("k="+k);
          //bigger than
               System.out.println("bigger than...");
               System.out.println("  i >j="+( i>j ));//false
               System.out.println("  j >i="+( j>i ));//true
               System.out.println(" k >j="+(k>j));//false
         //bigger or equals
               System.out.println("bigger or equals");
               System.out.println("i >= j="+(i>=j));//false
               System.out.println("j>=i="+(j>=i));//true
               System.out.println("k>=j="+(k>=j));//true
 //lest than
              System.out.println("less than");
              System.out.println("i<j="+(i<j));//true
              System.out.println("j<i="+(j<i));//false
              System.out.println("k<j="+(k<j));//false
//smaller or equal
             System.out.println("smaller or equal");
             System.out.println("i<=j="+(i<=j));//true
             System.out.println("j<=i="+(j<=i));//false
             System.out.println("k<=j="+(k<=j));//true
//equal
          System.out.println("equal");
          System.out.println(" i==j="+(i==j));//false
          System.out.println("k==j="+(k==j));//true
//not same as
               System.out.println("not same as");
               System.out.println("i!=j="+(i!=j));//true
               System.out.println("k!=j="+(k!=j));//false}}

Anaslisa program
dari program di atas  terdapat tiga perbandingan nilai di mana hasilnya  mendapatkan true and false .
program 111_7
public class TestAnd{
    public static void main(String [] args){
      int i=0;
       int j=10;
       boolean test=false;
//demo&&
    test=(i>10)&&(j++>9);
    System.out.println(i);
    System.out.println(j);
    System.out.println(test);
//demo&&
   test=(i>10)&(j++>9);
   System.out.println(i);
   System.out.println(j);
   System.out.println(test);
}
}
Analisa program ,pada program di atas hampir sama dengan program 111_6 terdapat perbandinga nilai true atau false
Program 111_8
import java.util.Scanner;
public class Tugas111_7
{
     public static void main(String args[] )
     {
          Scanner input = new Scanner(System.in);
          int i;
          int j;
          int k;
          System.out.println("masukkan nilai i : ");
          i = input.nextInt();
          System.out.println("masukkan nilai j : ");
          j = input.nextInt();
          System.out.println("masukkan nilai k : ");
          k = input.nextInt();
          System.out.println("variable..");
          System.out.println("  i = " +i);
          System.out.println("  j = " +j);
          System.out.println("  k = " +k);
       //bigger than
          System.out.println("bigger than...");
          System.out.println("  i>j = " +(i>j)); //false
          System.out.println("  j>i = " +(j>i)); //true
          System.out.println("  k>j = " +(k>j)); //false
      //bigger or equals
          System.out.println("bigger or equals...");
          System.out.println("  i>=j = " +(i>=j)); //false
          System.out.println("  j>=i = " +(j>=i)); //true
          System.out.println("  k>=j = " +(k>=j)); //true
      //less than
          System.out.println("less than...");
          System.out.println("  i<j = " +(i<j)); //true
          System.out.println("  j<i = " +(j<i)); //false
          System.out.println("  k<j = " +(k<j)); //false
      //smaller or equals
          System.out.println("smaller or equals...");
          System.out.println("  i<=j = " +(i<=j)); //true
          System.out.println("  j<=i = " +(j<=i)); //false
          System.out.println("  k<=j = " +(k<=j)); //true
      //equals
          System.out.println("equals...");
          System.out.println("  i==j = " +(i==j)); //false
          System.out.println("  k==j = " +(k==j)); //true
      //not same as
          System.out.println("not same as...");
          System.out.println("  i!=j = " +(i!=j)); //true
          System.out.println("  k!=j = " +(k!=j)); //false
     }}
Gambar program 111_8
Analisa program dari hasil ekesekusi program di atas dapat di simpulkan program di atas menggunkan perbandingan namun perbedaan nya di sini menggunakan inputan nilai dari keybooard dengan menggunakan pungsi scnaner input
Program tugas 3
import java.util.Scanner;
public class Tugas3
{
     public static void main(String args[])
     {
          Scanner input = new Scanner(System.in);
          int number1;
          int number2;
          int number3;
          int sum;
          int average;
          System.out.print("Masukkan Nilai Integer Pertama: ");
          number1 = input.nextInt();
          System.out.print("Masukkan Nilai Integer Kedua: ");
          number2 = input.nextInt();
          System.out.print("Masukkan Nilai Integer Ketiga: ");
          number3 = input.nextInt();
          sum = number1 + number2 + number3;
          average = number1 + number2 + number3 /3;
          System.out.printf("Hasil Penjumlahan %d\n", sum);
          System.out.printf("Hasil rata-rata %d\n", average);
     }
}

Gambar tugas3.java
Analisa program inputan nilai dari keyboard dan program di sini menghitung nilai rata _rata dan menjumlahkan nilai yang di input
Program tugas4
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
public class Tugas4
{
     public static void main(String[] args)
     {
          BufferedReader dataln = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
          String name = "";
          System.out.print("Your Name: ");
          try
          {
               name = dataln.readLine();
          }
          catch(IOException e)
          {
               System.out.println("Error!!");
          }
          String hobby = "";
          System.out.print("Your hobby: ");
          try
          {
               hobby = dataln.readLine();
          }
          catch(IOException e)
          {
               System.out.println("Error!!");
          }
          System.out.println("So Your hobby is "+hobby+".nice hoby mrs."+name);
     }
}
Gambar tugas4.java
Analisa program di sini user menginputkan nama dan hoby dengan menggunakan pungsi
BufferedReader dataln = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
BAB11
TUGAS AKHIR
PROGRAM TUGAS AKHIR
import javax.swing.JOptionPane;
public class Tugasakhir{
       public static void main(String[] args)
       {
       String main = " ";
       main = JOptionPane.showInputDialog("Kata Pertama: ");
       String game = " ";
       game = JOptionPane.showInputDialog("Kata Kedua: ");
       String online = " ";
       online = JOptionPane.showInputDialog("Kata Ketiga: ");
       String msg = main+ "," +game+ "," +online;
       JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
       }
}
GAMBAR
Analisa program program di atas menggunakan pungsi Joption dan pungsi showMessageDialog
TUGASAKHIR2
PROGRAM TUGASAKHIR2.JAVA
import java.lang.Math;
import java.util.Scanner;
public class Tugasakhir2
{
     public static void main(String[] args)
     {
          //deklarasi variabel
          double D, x1, x2;
          double roots1, roots2;
         
          Scanner input = new Scanner(System.in);
          int a, b, c;
         
          System.out.println("Masukkan nilai a : ");
          a = input.nextInt();
          System.out.println("Masukkan nilai b : ");
          b = input.nextInt();
          System.out.println("Masukkan nilai c : ");
          c = input.nextInt();
          D = Math.pow(b,2)-(4*a*c);
          x1 = Math.sqrt(D);
          x2 = 2*a;
          //pencarian akar ke1 dan ke2
          roots1 = (int) ((-b) + x1)/ x2;
          roots2 = (int) ((-b) - x1)/ x2;
          System.out.println("Jadi, akar persamaan dari "+a+"x^2+"+b+"x+"+c+" adalah : ");
          System.out.println("\n roots1 = "+roots1);
          System.out.println("\n roots2 = "+roots2);
     }
}
 GAMBAR TUGASAKHIR2






{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. How to make money playing online casino | How to make money playing
    1. 바카라 사이트 Make money playing online casino: The number one option is to make a deposit on a casino kadangpintar account. 2. Make money playing: The หารายได้เสริม number one option is to make a deposit on a casino account. 3. Make money

    BalasHapus

- Copyright © datakuliah - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -